travel

Berapa sih budget traveling?

Planning a Travel Budget

bigstock-travel-background-journey-pla-129898406

Traveling tidak selalu diartikan liburan, traveling buat saya adalah jalan atau being on the road. Jadi, traveling bisa berarti liburan, business trip bahkan soul searching trip.

Bicara soal bepergian tentu nggak bakal lepas dari yang namanya Budget. Mungkin ini yang sering kali jadi benturan orang-orang kalau udah bicara tentang Traveling. Berapa sih biaya yang harus dipersiapkan? Living cost di kota A atau di negara B berapa per harinya? Sejujurnya, besarannya tergantung gaya hidup. Seberapa besar porsi makan, seberapa mewah atau sebagaimana batas minimal kelayakan yang sanggup di tanggung oleh traveler dan yang terpenting adalah how are you gonna enjoy your trip. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menyusun budget.

1.Durasi

Durasi akan jadi faktor pengali untuk besaran budget. Semakin lama tentu semakin besar hehehehe. Plan your travel well. Bikin itinerary itu wajib. Minimal kamu punya patokan mau kemana dan liat apa. Kalo nggak tahu mau ngapain ya gimana ngaturnya kan? hehe Setelah tahu tujuan jalannya, barulah berangkat ke step berikutnya yaitu transportasi.

2.Transportasi

Transportasi jadi poin menarik dalam perjalanan. Beberapa orang  memilih sleeper bus/train yang makan waktu dibandingkan pake pesawat meskipun secara nominal hampir sama nilainya. Long haul flight, sleeper bus/train atau naik kendaraan tradisional setempat ya bebas-bebas aja sesuai selera, yang penting nyaman.

Di bagian ini, kita akan menentukan cek poin perjalanan. Kapan istirahat, kapan main. Itinerary detail baru bisa disusun setelah kita tahu waktu tempuh antar lokasi yang kita inginkan. Bagaimana cara mencapainya dan menggunakan kendaraan apa.

Domestik/Internasional, Darat/Laut/Udara, tinggal pilih. Semua tentu ada plus minusnya. Untuk penerbangan paling pas memang kalo nunggu Travel Fair atau promo. Hampir setiap maskapai memiliki promo, jadi jangan sungkan untuk subsrcibe mereka. Dengan begitu, kita akan dapat info tentang waktu-waktu promo mereka. Biasanya di pertengahan dan akhir tahun selalu ada promo. Satu lagi, jangan bosen untuk cek tiket perjalanan diluar situs maskapai resmi. Contohnya Skyscanner, Nusatrip, Airpaz dll.

Untuk perjalanan darat di daerah asia tenggara bisa cek ke 12go.asia. Mereka punya jangkauan di Thailand, Kamboja hingga Vietnam. Bisa menggunakan bus atau kereta, baik yang sleeper atau tidak. Situs lain yang menyediakan info kereta yang cukup lengkap adalah seat61.com. Jangkauan situs ini cukup luas, hampir seluruh dunia bisa di dapat infonya di sana.

3.Penginapan

Penginapan tentu jadi hal yang krusial. Tempat istirahat, melepas lelah biar bisa jalan lagi esok hari. Untuk mencari penginapan ada banyak cara. Melalui situs seperti Agoda, Booking, Hostelworld, hingga Airbnb. Beragam jenis penginapan bisa ditemukan di sana, dari hotel mevvah hingga yang bentuknya dormitory dengan shared bathroom. Cara lain adalah dengan menggunakan couchsurfing, sudah pernah dengar?

Singkatnya, couchsurfing adalah menginap dengan sistem ‘nebeng’. Kita akan berkenalan dengan ‘host’ yang akan menampung kita menginap. Biayanya relatif, you may call it free but its not actually free hehehe. Ada pertukaran/barter dalam couchsurfing. Semua tergantung host. Fasilitas apa yang dia sediakan, service apa yang akan dia berikan dan bagaimana kita ‘membayarnya’ada di tangan host. Kalau beruntung, kita akan di jamu dan diantar ke tempat-tempat spesial oleh host yang juga bertindak sebagai tour guide. Kalau lagi apes, ya..gitu deh. Mungkin biaya nginepnya gratis, tapi host yang juga tour guide akan minta dibayarin kalo makan, diongkosin dll. All is good if it is a fair trade with the service, right? But anyway, couchsurfing jadi cara tepat buat kalian yang seneng menjalin relasi serta berpetualang. Biar amannya sih, tetap ada backup plan sekiranya ada apa-apa dengan si host hehe.

4.Makanan

Ini yang nggak kalah penting. Makanan bisa jadi adalah alasan kita untuk bepergian. Travel for culinary experience is a thing, inget program televisi yang Maknyus itu kan? Hehehe. Rasanya merasakan masakan lokal suatu tempat adalah sebuah keharusan. Untuk kalian yang punya specific diet seperti  Halal Food atau diet yang berkaitan dengan kesehatan, juga para pecinta kuliner dan penikmat rasa, informasi tentang makanann sangatlah mudah di dapat. Review dari tripadvisor, qraved, zomato, foodpanda bisa sangat membantu. Sedang untuk halal food bisa cek ke havehalalwilltravel.com yang juga tersedia dalam platform aplikasi ponsel. Dari informasi tersebut kita bisa memperkirakan besaran biaya makan kita. Tinggal dikalikan sehari berapa kali makan lalu dikalikan durasi perjalanan.

5.Tempat Wisata

Inilah yang jadi alasan utama kita untuk bepergian. Wisata kuliner, wisata belanja, pantai, museum, locals heritage/history, wisata religi, gunung, pantai, dll. Berwisata dengan menggunakan jasa travel agent atau tidak itu adalah pilihan masing-masing. But no matter, buat saya hal-hal ini jadi penting. Mencari informasi sebanyak-banyaknya, baik tentang admission, rute transport hingga adab/manner saat di lokasi. Adab ini penting, terutama untuk wisata religi. Jangan sampai perilaku kita membuat pemeluk agamanya terganggu, terlebih saat mereka beribadah.

Untuk membuat itinerary, biaya masuk, transport baik untuk menuju lokasi atau di dalam lokasi menjadi krusial. Kalau lokasi wisata tidak memiliki situs untuk di kunjungi, dunia maya masih luas, google juga makin pintar so don’t lose hope. Forum-forum backpacker atau penggila wisata makin banyak saat ini. Bergabunglah dengan mereka, be polite and ask around. Darinya kita bisa mendapatkan Rekomendasi tempat wisata yang bahkan masih ‘perawan’ alias belum banyak yang tahu, to the point of a certain store to buy certain items. Selain itu, kita nambah networking, trip buddy dan mungkin….jodoh? Hahaha.

Oya, Traveloka pun sekarang sudah menyediakan fitur “Attractions & Activities”. Di situ kita bisa beli/book tiket ke beragam tempat wisata baik lokal maupun mancanegara, asik kan? Tiket ke Universal Studio,  Madame Tussaud, paket tour ke Phi Phi Island dan banyak lagi. Traveling just got easier and easier, right?

6.Insurance

Asuransi menjadi penting nggak penting sih. Penting terutama untuk wisata ke negara yang mensyaratkan adanya asuransi saat aplikasi visa (Schengen misalnya). Penting juga bagi mereka yang memiliki resiko kesehatan, mereka yang melakukan perjalanan panjang atau wisata yang beresiko tinggi (extreme sport, misalnya) atau bagi para adrenaline junkie.

Beberapa situs seperti travelinsurance.com atau cekpremi.com menyediakan komparasi berbagai penyedia asuransi untuk asuransi perjalanan dengan ragam fiturnya. Bisa family insurance atau individual. Biasanya sih  paketnya adalah asuransi jiwa, kesehatan, ketidaknyamanan perjalanan (delay, cancellation, kehilangan bagasi/dokumen, dll). Preminya juga terbilang terjangkau.

7.Visa dan Imigrasi

Perjalanan ke luar negeri tidak terlepas dari visa, meski tidak selalu sih hehe. Visa can be tricky, but basically you just need to follow the rules. Setiap kedutaan memiliki syarat tersendiri, jadi cek langsung kedutaan negera tujuan. Bisa via telepon, email atau dengan melihat di situsnya. Be as honest as possible about your travel purpose. Vague answer bisa jadi bumerang dan membuat visa ditolak. Beberapa negara memang agak longgar tapi negara lain bisa sangat ketat. Jepang misalnya, yang saat ini memperketat pemberian visa pada orang Indonesia karena banyak terjadi penyalahgunaan visa travel untuk bekerja. Imigrasi Singapura dan Malaysia juga memperketat pemberian izin untuk orang Indonesia yang cerdik memanfaatkan celah hehehe. Jujurlah sebisa mungkin and perfect your English. Kalau ingin lebih mudah, bisa gunakan jasa travel agent. Perhatikan kredibilitasnya juga supaya tidak kena tipu.

 

Akhir kata… Ribet? Nggak juga. It will be worth the trip. Ada banyak jalan menuju Roma. Rencanakan perjalanan sesuai kenyamanan masing-masing. Besaran budget tergantung dari anda sendiri. Jangan lupa berdoa untuk diberi kesehatan, keselamatan, kelancaran dan kesempatan untuk jalan-jalan lagi. Selamat jalan-jalan, have fun and be safe. Enjoy your travel.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s