Inez's Diary

3 Relationship key : Acceptance – Understanding – Respect

3 Relationship Key, udah keren banget judulnya kan. Udah berasa jadi pakar hubungan interpersonal hahaha. Well, ini karena psikologi adalah ilmu untuk Anda, bukan untuk Saya.Ini mungkin proyeksi juga sih tapi yang pasti adalah hasil kontemplasi perjalanan hidup tssahh…so i could be wrong. This is my point of view, it might be differ from many of you.

Kita nggak akan bicara cinta. Hubungan/relationship ga melulu tentang itu. In any kind of relationship ada hal-hal yang lebih penting dari cinta. Menurut saya sih ada acceptance, understanding dan respect yang nggak kalah penting. Ini pandangan saya aja, toh sayapun belum terbukti berhasil menjalani sebuah relationship yang langgeng karena sampe detik ini masih di seputar [(nyaman-nyambung-jadi-udahan-ketemu yang baru)- repeat]. Tulisan ini bukan sebuah saran ataupun tips, ini renungan pribadi bahwa idealnya-seharusnya-seperti ini.

Acceptance disini berarti istilah klise ‘menerima apa adanya’. Ini jadi penting karena relationship itu naik-turun. Untuk bertahan ya butuh sebuah penerimaan, accepting that something cannot be change and we need to live with it. Sesuatu yang pada akhirnya bisa kita maklumi sepanjang hayat jika memang ingin hubungan tersebut dikata langgeng, ’till death due us part.

Berikutnya understanding atau memahami/mengerti. This thing comes after we accepted that ‘thing’. Dengan understanding, that thing yang menyebalkan tapi harus dimaklumi dan cannot be changed akan terasa lebih ringan, artinya you’ll find a way to love that annoying thing atau melihat sisi positifnya.
Contoh, kadang kesel liat pasangan yang bawel dan ngomel2 sendiri kl lagi ada masalah persis seperti perempuan yg lagi pms atau datang bulan. Di situasi itu kalau kita udah bisa senyum liat kelakuan pasangan ya artinya sudah menerima dan paham kalo itulah dia and you’re fine with it.

Next adalah respect atau hormat. Ini bukan hormat ala upacara ya hehe. Respect disini berarti paham batasan dan menahan diri untuk nggak melebihinya. Seiring berjalannya sebuah hubungan pasti dong akan semakin mengenal ke-khas-an perilaku pasangan. Mungkin sampe level melihat dr senyum aja bisa tau itu senyum ikhlas apa pura-pura. Nah, respect terlihat dari bagaimana kita menghadapi perilaku atau sikap pasangan saat itu. Ketika understanding sebatas perilaku pasif, maka respect adalah perilaku aktif.
Kita pake contoh yg sama seperti di atas. Understanding adalah ketika kita bisa senyum dan ‘fine’ dengan perilaku pasangan, maka respect adalah ketika kita tidak menambah kekesalan pasangan dengan perilaku kita. Kira-kira begitu.

Romantic or not, 3 hal itu buat saya adalah kuncinya. Be it a friend, family or lover ya 3 hal itu wajib ada kalo memang kita ingin berhubungan baik.

Now, bicara tentang romantic relationship alias hubungan cinta-cintaan. Untuk konstan memelihara 3 hal diatas bukan perkara mudah, pengalaman sih gitu hahaha. Selalu ada celah yang mencorengnya, ya anggaplah itu love trial alias ujian cinta..ahiw..sesuatu yang wajar dan memang harus dilalui.
Ketika kedua belah pihak bisa maintain, saya rasa itulah hubungan yang worth fighting for. Tapi ketika hanya salah satu, lebih baik disudahi atau ditinggalkan (saran temen sih gitu). Either he’s dumb for not seeing your worth or you’re dumb for staying with that kind of person. So, which one of you is the dumb one? Hehehe

Posted from WordPress for Android

3 thoughts on “3 Relationship key : Acceptance – Understanding – Respect

  1. Tapi bu Zen….kalau pihak cowonya masih mau berjuang, hubungannya masih bisa selamat loh. yang suka lelah itu kalau pihak cewenya yang berjuang sendiri…

    lah lah kalimat terakhrinya ini kok……..nampak sering baca ya?:/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s