Novel Review

Divergent Novel

 

 

Divergent adalah novel yang bersetting di alternate universe, bumi dengan strata kehidupan yang berbeda. Ada 5 kelompok (faksi) dalam dunia versi ini. Abnegation yakni golongan selfless yang mengedepankan kepentingan orang lain, servant of the people. Erudite, yakni golongan cerdas yang mendedikasikan hidupnya untuk ilmu dan sains. Dauntless, kelompok yang terkenal dengan kebebasan mereka untuk berekspresi, lepas dan bebas. Mereka adalah “polisi” pengaman dan pelindung seluruh warga. Amity adalah kelompok yang mengedepankan perdamaian dan harmoni, serta dekat dengan alam. Candor adalah kelompok yang mengedepankan logika berpikir serta melihat segala sesuatu berdasarkan fakta yang ada, mereka adalah para penegak hukum, pengacara, hakim dll. Golongan terakhir adalah the factionless atau mereka yang tak memiliki faksi atau golongan Divergent. Divergent hidup sebagai gelandangan because they’re not belong to any of the faction.

Adalah Trish, seorang yang terlahir dari kelompok Abnegation yang memilih untuk menjadi Dauntless padahal sebenarnya dirinya adalah seorang Divergent. Bingung?

Well, at certain age para remaja akan diikutkan tes (wajib) untuk melihat arah kecenderungan pribadinya pada suatu faksi. Terlepas dari hasil tes, setiap remaja diperbolehkan untuk memilih apakah akan tetap di faksi tempat ia tumbuh atau berpindah ke faksi yang dia inginkan. Aturannya yang berlaku hanya 2, Faction before Family dan Once you choose, you can’t go back. Trish diketahui oleh pengujinya bahwa dia seorang Divergent, si penguji baik hati menasihati Trish untuk tutup mulut dan memilih faksi yang dia inginkan sementara sang penguji akan merubah data hasil tesnya. Ternyata si penguji ini berbuat baik karena kakaknya yang seorang divergent tewas setelah diketahui memalsukan identitasnya, dia tak ingin hal yang sama terjadi pada Trish.

Moving on, dalam dunia Trish sedang terjadi kekacauan politik dimana salah satu faksi ingin menggulingkan faksi Abnegation yang selama ini bertindak sebagai pengatur pemerintahan. Faksi hitam ini menggunakan faksi lain sebagai alat untuk mengudeta Abnegation. Abnegation tersingkir dan keadaan semakin genting. Trish bersama teman-teman Divergent lainnya berusaha mengendalikan situasi dan mengembalikan harmoni dalam dunianya. berhasil-kah? You better read all of the novel to know how the story ends.

 

 

 

Novel seri Veronica Roth ini berbahasa inggris dengan format pdf

Divergent

Insurgent

Allegiant

Pack | pass: subtitle-zen-by-tante-inez

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s