Novel Review

The Vampire Diaries Novel : The Return – Midnight

Mulai bulan Desember 2014 , blog ini akan jadi blog personal saya. Posting-posting sehubungan dengan vampire diaries, the originals dan subtitle berpindah lapak ke.

subtitle-zen.blogspot.com

 

The Vampire Diaries : The Return – Midnight


Midnight adalah seri terakhir untuk episode The Return dari rangkaian novel The Vampire Diaries buah karya L.J Smith. The Return sendiri bisa dibilang merupakan cerita tentang kembalinya (return) Elena dari spirit world ke dunia fana dan pada The Return karakter yg lebih di eksplore adalah Damon. tak heran kalau ternyata stefan dibuat spin off-nya sendiri yakni Stefan Diaries oleh Julie Plec dan Kevin Williamson mengingat porsi Stefan dalam novel L.J Smith sangatlah sedikit.

Sebelum mulai dengan sinopsis Midnight kita ulang kembali cerita The Return dari awal sekilas saja.
Pada seri Nightfall diceritakan tentang kekacauan kota Fells Church oleh the nine tailed fox twins (atau dalam istilah jepang di sebut Kitsune) bernama Misao dan Shinchi. Kitsune ini adalah trickster atau penipu lihai yg memanipulasi orang2 untuk kesenangan mereka sendiri. Kitsune power comes from grief and the suffer of anyone they manipulate. Singkat cerita Damon dan Stefan jadi sasaran Shinichi karena lovetriangle dengan Elena. Stefan di trick hingga akhirnya di penjara di Other Dimension sementara Damon seperti boneka yg bisa dimainkan pikirannya oleh Shinichi kapan saja. buku pertama berakhir dengan putusnya salah satu ekor Misao dan fox key kembar mereka. (fox key yg fungsinya mirip pintu kemana saja milik doraemon) kitsune ini kabur dan hanya meninggalkan sedikit clue cara menyelamatkan Stefan dri Other Dimension.
Seri kedua – Shadow Soul – menceritakan perjalanan Damon, Bonnie, Meredith dan Elena berkubang di Other Dimension untuk menyelamatkan Stefan. Di sini Elena dan Damon semakin dekat karena proses blood exchange (as in Damon feed from Elena and Elena feed from Damon to heal herself). Stefan berhasil di selamatkan dengan bantuan dari Sage, teman Damon yg punya posisi penting di Other Dimension. semua kembali ke Fells Church yg semakin buruk keadaanya akibat kelakuan para Kitsune. Saat melarikan diri dari Other Dimension, Damon berhasil mencuri snow globe milik kitsune dan khususnya milik Misao pribadi. it said that snow globe is a where people can store their memories and power. akhir cerita Damon menjadi manusia karena memegang mawar hitam yg diberikan kitsune teman sepenjara Stefan. Mawar yg khusus diberikan oleh kitsune untuk stefan agar Stefan bisa jadi manusia seperti Elena.

Masuk ke cerita Midnight
Midnight di awali dengan tulisan diary Elena, when she came to realize that she is in love with Damon too. Sage menghilang dengan mencuri setengah dari air dalam snow globe milik Misao. which means, Sage back to Other Dimension. Things are become more complicated saat cinta Damon pada Elena ternyata berbalas dan Stefan tak tahu sedikitpun tentang itu. Damon dengan pride-nya ingin kembali jadi vampir dan sungguh2 akan menjadikan Elena his Princess of Darkness. untuk berubah jadi vampire Damon harus kembali ke Other Dimension, mencari vampire bangsawan yg mau merubahnya (ternyata vampir juga punya kasta), karena Damon tau pasti Stefan takkan mau merubahnya.
Dengan menggunakan trik2 yg dia pelajari selama a half of Millenia, Damon berhasil mendapatkan snow globe Misao setelah menipu Bonnie. Sayang, Meredith menangkapnya. teka teki yg di katakan Kitsune tentang Meredith akhirnya terbongkar. Meredith adalah seorang vampire-hunter. Demi Fells Church akhirnya Meredith membiarkan Damon menggunakan sisa snow globe untuk membuka portal ke Other Dimension. saat portal terbuka, Bonnie tiba2 datang dan berusaha mencegah Damon namun akhirnya malah Bonnie ikut terbawa ke Other Dimension.
Agenda de’jagoan kita adalah bagaimana caranya mengembalikan Fells Church seperti semula. Tak ada anak2 “kesurupan” yg jadi wild dan tak beradab yg membuat orang tua mereka cemas, dan terpaksa memenjarakan anak2 mereka. yang Elena dkk tahu adalah bahwa si kembar Kitsune ini merupakan penyebab kekacauan dan mereka tahu bagaimana cara menghentikannya. Tapi bagaimana caranya mengalahkan Kitsune ini? karena itu satu-satunya cara untuk tahu cara menyelamatkan Fells Church.

Singkat cerita, Elena dkk terbantu oleh keluarga Saitou yg membuat jimat untuk mereka. jimat yg bisa membuat mereka terhindar dari “malach” atau parasit dari Kitsune yg membuat semua orang jadi gila. adalah Nenek Saitou atau Obaasan yg jadi pembuat jimat. Obaasan yg meracau tentang legenda Kitsune (baca Shadow Soul) dan Inari. Inari adalah tuan dari Kitsune/yg memelihara Kitsune.
Adalah Alaric Saltzman pacar Meredith yg mengembara ke Island of Doom di Jepang. Sebuah pulau dimana seluruh penduduknya mati karena pembantaian. ya, penduduknya saling membantai satu sama lain. lebih spesifik lagi orang tua dan anak yg saling membunuh. informasi itu diperoleh Alaric dari ahli forensik yg meneliti di sana. infromasi ini kemudian di sampaikan oleh Alaric pada Meredith melalui email. Informasi penting untuk menyusun sebuah puzzle yg hampir terlambat di sadari oleh Meredith.
Selanjutnya, out of desperation Shinichi mendatangi Boardinghouse dengan menyerupai Stefan untuk mengambil snow globe milik Misao dan Shinichi tertangkap begitupun Misao yg datang berikutnya yg juga menyerupai Stefan tertangkap pula. fox key milik kitsune itu berhasil di curi oleh Meredith dan Matt, meski pada akhirnya Shinichi dan Misao berhasil kabur. Tim pun terpecah, Elena dan Stefan kembali ke Other Dimension mencari Bonnie smentara Mrs.Flowers, Matt dan Meredith stay di Fells Church.

The Last Midnight, anak2 yg berhasil di selamatkan oleh Matt mengucapkan kata2 itu. anak itu berkata “dia selalu mengingatkan 12 days to the last midnight dan seterusnya dan hari ini adalah satu hari menuju Last Midnight.” tapi anak2 itu tak tahu apa itu Last Midnight, mereka bilang “dia berkata, saat Last Midnight kita harus angkat senajata dan melawan orang tua kita.” Meredith teringat dengan cerita Island of Doom dan kata2 yg di translasi-kan oleh Isobel Saitou dari foto yg dikirim Alaric pada Meredith.  Tinggal beberapa jam saja menuju tengah malam dan Meredith masih belum mengerti apa hubungan Last Midnight dan kata2 Shinichi yg menyebutkan bahwa dia hanya di perintah oleh untuk menghancurkan Fells Church. Meredith berusaha sebisanya untuk menyelesaikan siapa biang keladi kekacauan dan bagaimana menghentikannya karena sudah tak ada waktu lagi. Meredith shock saat puzzle itu tersusun. Legenda mengatakan bahwa kitsune memiliki tuan. tuannya ini pasti seseorang yg sangat powerful, siapa? Meredith teringat dengan Obaasan dan racauannya tentang permainan Kitsune dan Inari. Inari sendiri adalah orang suci yg punya kekuatan. Di Island of Doom seorang Inari bunuh diri dengan mempersembahkan darahnya pada sebuah bejana dari tanah yang ditempel mantra. Mantra…Selama ini Meredith mendapatkan mantra tempel dari Obaasan agar bisa terhindar dari Malach  Kitsune. Obaasan seorang Inari? Obaasan adalah tuan dari Shinichi dan Misao?

Di Other Dimension Damon sudah kembali jadi vampire dan Bonnie
mendapatkan premonition tentang The 7 Treasure of Kitsune, dimana salah satu treasure-nya yakni snowglobe terbesar yg pernah ada. snow globe yg memiliki banyak Power untuk bisa menyelamatkan Fells Church dari kehancuran. Dengan bantuan Lady Ulma, Damon, Stefan, Elena dan Bonnie berpetualang mencari tmpat 7 treasure itu.
Selama perjalanan Elena kewalahan menyembunyikan pikirannya tentang Damon dari Stefan dan yang lebih membuat Elena serba salah adalah kenyataan bahwa ternyata Bonnie pun mencintai Damon. kekuatan telepati yg mereka ber-4 miliki membuatnya semakin complicated, saat Stefan dan Bonnie tertidur adalah saat2 Elena merasa terbebas, ia tak perlu menutupi apa2 karena hanya ada Damon di dekatnya.
Elena menuliska dalam diary-nya. “Cintaku pada Damon tidak merubah atau mengurangi Cintaku pada Stefan, begitupula sebaliknya. dan aku tak tahu bagaimana bisa begitu”
Sage yg menghilang ternyata di hukum oleh The Celestial Court (penguasa dunia gitu deh) untuk jadi penjaga pintu 7 treasure. Akhirnya the biggest snowglobe itu ditemukan juga tersembunyi dalam akar sebuah pohon, pohon yang sangat2 besar yg konon kabarnya sumber kehidupan. Naas, ternyata pohon itu enggan memberikan snowglobe tersebut pada Elena dkk. snowglobe itu tersembunyi dalam lapisan2 akar dan tak mungkin untuk mengambil snowglobe tanpa merusak akar itu. yah, akar itu menyerang siapa saja yg mencoba merusaknya, Damon. Damon yg akan menyelamatkan Bonnie yg mencoba mengambil snowglobe tersebut. akar pohon tersebut bergerak2 dan menusuk Damon tepat di jantungnya. Elena menangis panik, her beloved Damon is fading away. Stefan mencoba menahan Elena yg berusaha memberikan darahnya pada Damon tapi akhirnya mengalah melihat Elena yg sangat desperate. Damon sudah tak berdaya, a wooden stake through a heat is fatal for any vampire. Melalui telepati Damon berkata, kalau dia mencintai Elena dan Elena harus kuat menerima kepergiannya. and there it goes…Damon dead. Elena furious in anger, rage and sorrow hingga memunculkan wings of destruction yg menghancurkan pohon itu dan seisi pintu treasure.
singkatnya (lagi) Elena selamat begitu juga Bonnie dan Stefan. dunia sudah kembali seperti semula, elena sudah ada di kamarnya dan stefan baru saja datang.
stefan said, “aku tak tahu kau begitu mencintainya, maaf sudah berada di antara kalian. kalau aku tahu, aku akan pergi. aku pergi.”

and then somewhere among the ashes of the tree, seseorang terbangun. a tears of two maiden, Bonnie and Elena. who am i? katanya.. lalu sebuah nama muncul begitu saja di benaknya, “Damon”

begitulah ceritanya. ga terlalu puas seperti baca Dark Reunion but overall i’m content. ceritanya SELESAI meski open ending. kalau di rate… nilainya berapa ya? 7/10 lah…
kalau tak ada lanjutannya berarti FIXED ELENA DENGAN STEFAN… meski gosip beredar L.J Smith dipaksa untuk bikn Elena memilih Stefan… yeah becoz all Elena know is that Damon is dead.. kalo ga? yaaaa silakan berspekulasi haha.
denger2 sih vampire diaries bakal ada trilogi lanjutan, cuma yg nulisnya bukan lagi L.J Smith. well, we’ll see about that right?

Vampire Diaries The Return : Midnight
pass: subtitle-zen-by-tante-inez

The Vampire Diaries Novel >>>

Stefan’s Diary Novel >>>

TVD Series Season 1 >>>

TVD Series Season 2 >>>

TVD Series Soundtrack >>>

Blogged with the Flock Browser

25 thoughts on “The Vampire Diaries Novel : The Return – Midnight

  1. mbak inez..
    misal kalau damon ga mati?
    kira2 elena milih sp ya?
    di midnight tu kyk elena lbh suka ke damon ya mbak drpd stefan..
    kasihan stefan .. pdhl dia baik orangnya…

    Like

    1. wadduuhh masa harus saia kasi tau dengan jelas sih damon mati pa ngga… kayaknya di sinopsis udah ada clue-nya deh. nanti takut merusak mood cerita, jadi mendingan baca aja hehe…

      yah..begitulah. Elena suka sama Damon tapi juga sama Stefan..

      Like

  2. kalo menurut ending of story nya, damon nya hidup, tp kalo damon hidup, pasti stefan nya ngalah dan pergi ninggalin elena buat damon, duh baca novel cinta segitiga terus, harus ada hati yg tersakiti….

    Like

  3. maap mbak ines , ak ga bs b.inggris.. jd ga ngerti artinya yg kalimat b.inggris.. hehe
    kasian donk stefan masak dia ngalah terus buat damon, pdhl stefannya baik,
    kalau novel vd yg selanjtnya itu bukan karangan lj smith ya?

    Like

  4. yaa….. Ending yg gantung, emng betul kesan nya maksa elena ama stefan, bner benr complicated….. Klo ada sekuel nya lagi,…

    Like

  5. Yah, masa Damon mati ? Padahal Elena ma Damon serasi, tpi kasian Stefan.a dong.

    Gantung banget ending.a
    Padahal ku pikir TVD ada 10 seri, ternyata cuma sampe 7 yah ? Padahal ngarep banget masih ada lanjutan.a

    Like

  6. @Alcelinia
    haha.. Elena sama Stefan karna memang g ada pilihan lain buat Elena-nya. secara Damon (setahu Elena) dah mati kalo tau kan lain ceritanya hehe

    @Chip
    umhh emg gosipnya kan bakal ada lanjutannya TVD.. mungkin sis kira ada 10 termasuk Stefan’s Diaries kali ya? itu kan trilogi juga, jadi kalo di jumlahin ya ada 10 dengan seri midnight ini

    Like

  7. Tapi mba, pas aku lg iseng-iseng nyari info tntng TVD, Yg the hunter phantom bkalan kluar pas sebtember tahun ini +klo g slh bulannya ya+
    Ya yg aku harapin terbit.a emang bener, trus klo emang terbit ga cuma di Amerika

    Like

    1. @chip
      ga ngerti nih maksudnya…. emg ga terbit cuma di amerika kok.
      soal the hunter itu memang bener ada, tp yg nulisnya bukan L.J Smith lagi, dia udah di pecat sama publisher-nya

      Like

    1. blum pasti juga sih sama Elena… di ending season 2 kemaren memang Elena-Damon kiss gitu dan Stefan “terpaksa” ikut dengan Klaus
      kalo Elena “setia” yaaa… g akan sama Damon hehe

      Like

  8. Ya mudah2an Elena setia ama Stefan..
    Tapi bener2 salut Stefan is a hero… Demi buat nyelamatin Damon sacrfice himself jadi ”pengikut” klaus…. Duh……dying waiting for next season

    Like

    1. gambling sih jadinya sis…
      bisa tambah jelek atau bagus banget hehe
      kita tunggu aja kalo dah release
      yg pasti kalo sesuai dengan rekuest publisher, Elena bakal terus sama Stefan yaayyy!!!

      Like

  9. kenapa damon harus mati? damon itu baik kok cuma dia nutup2in perasaannya. hanna sedih ih… napa damon yang hrus mati? uuuh… damon kan dah banyak berkorban. hanna sedih hanna kan penggemar damon di novel maupun di filmnya.. pengen nangis…😥

    Like

  10. and then somewhere among the ashes of the tree, seseorang terbangun. a tears of two maiden, Bonnie and Elena. who am i? katanya.. lalu sebuah nama muncul begitu saja di benaknya, “Damon”
    it means Damon hidup kan???

    Like

    1. jalan cerita novel sama series ga berurutan sis, jadi saya juga bingung ngasih taunya…
      perkiraan saya aja sih ya…
      season 1 itu the awakening sama struggle
      season 2 itu masuk dark reunion
      season 3 return series pertama
      season 4 the fury dan entah yang mana

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s