Novel Review

Stefan’s Diaries

owkayy… bagi yg suka dengan The Vampire Diaries tentu familiar dengan nama Stefan Salvatore. Stefan Salvatore adalah salah satu karakter utama dalam nove The Vampire Diaries buah karya L.J Smith tahun 90’an kemudian dibuat tv series sejak september 2009. Yaap, ini adalah novel yg ditulis oleh Julie Plec dan Kevin Williamson, developer dari serial tv The Vampire Diaries yg tayang di statsiun TV the cw tiap kamis malam jam 8 itu. Novel pengembangan dari TV Series yg lagi booming. Menceritakan tentang kisah Salvatore Brothers (dari sudut pandang Stefan) sebelum mengenal Elena Gilbert (main cast di the vampire diaries L.J Smith).

Bagi pengikut setia tv series pasti akan suka dengan novel ini dibandingkan dengan yg dibuat L.J Smith. kenapa? karena novel ini dibuat based on tv seriesnya, jadi bakalan nyambung dan jauh lebih mirip meski ada beberapa hal yg berbeda. Percakapan yg ditulispun sama dengan adegan2 flashback di tv series. you’re gonna love it!! Novel ini terbagi dalam 3 seri (so far), The Origin, Bloodlust dan Craving. kabarnya sih akan dibuat juga Damon’s Diary hehe. Isi novel ini akan menjawab pertanyaan2 seputar cinta segitiga Stefan-Katherine-Damon. kenapa Stefan malah benci sama Katherine, kenapa Damon hobi sekali membuat Stefan menderita? so here’s the synopsis….

01. Origins
Giuseppe Salvatore adalah orang Italia yang mengembara ke Amerika kemudian menetap di Virginia. Istrinya telah meninggal dan meninggal 2 orang anak. Damon si sulung dan Stefan si bungsu. Tahun 1864, Giuseppe merupakan pengusaha sukses, anaknya Damon bergabung dengan tentara Konfederasi sementara Stefan yang baru 17 tahun tinggal bersamanya untuk meneruskan usaha keluarga.

Stefan penyendiri dan menyukai Shakespeare, ia di jodohkan dengan Rosalyn Cartwright oleh Giuseppe semata dengan alasan karena ayah Rosalyn adalah pemilik Bank di Mystic Falls, Virginia. Stefan yang tak punya banyak mimpi dan penurut itu mengikuti perintah Giuseppe untuk menikahi Rosalyn meskipun dia tidak mau, simply karena memang Stefan tidak mengenal dan tidak tertarik dengan Rosalyn. Rasa sesal menyetujui permintaan ayahnya itu semakin menguat ketika seorang gadis muda yatim piatu, saudara jauh Giuseppe tinggal di Veritas milik keluarga Salvatore. Katherine Pierce, gadis cantik berperawakan mungil yang senang menggoda. Stefan jatuh cinta pada Katherine sejak awal pertama jumpa.

Beberapa hari sebelum waktu pertunangan Stefan dan Rosalyn, Damon pulang dan langsung akrab dengan Katherine. bahkan di acara pertunganan, Damon datang bersama Katherine. Stefan hanya bisa diam, padahal dia ingin menyematkan cincin pertunganan itu pada Katherine bukan pada Rosalyn. Keakraban Damon dan Katherine pun membuat hatinya terluka. Saat upacara pernikahan, Stefan malah mengurung diri di perpustakaan untuk membaca buku sambil menunggu kedatangan Rosalyn. Tak disangka Katherine datang menemui Stefan dan satu kejadian membuat Stefan tersadar. Rosalyn tidak juga datang, Stefan yg setengah mabuk mencari calon istrinya itu. Rosalyn di temukan tewas di halaman rumah Stefan dengan luka gigitan di leher. Stefan shock, dan sepanjang minggu itu dia mengurung diri di kamar. Sampai akhirnya Emily (pembantu Katherine) datang membawa sebuah bunga dan undangan dari Katherine agar Stefan menemuinya di Cottage.

Semalam bersama Katherine di cottage merubah segalanya bagi Stefan. Stefan merasa tujuan hidupnya lebih terarah, ia ingin Katherine dan selalu bersamanya. Terlepas dari kenyataan bahwa Katherine adalah vampir, setan yg sedang diburu warga Mystic Falls. Terlepas dari Damon yang semakin dekat dengan Katherine. Karena Stefan tahu, Katherine hanya mencintainya.

Mystic Falls saat itu sedang di hebohkan oleh banyaknya ternak yg mati
dan orang2 hilang. korban biasanya kehabisan darah dengan luka gigitan
di leherStefan berjanji pada Pearl, Anna dan Katherine bahwa dia akan melindungi vampir2 keluarga Katherine agar bisa lepas dari perburuan warga. Sayangnya, tanpa disadari Giuseppe telah mencampur minuman Stefan dengan Vervain, sehingga saat Katherine “mencicipi” darah Stefan ia langsung lumpuh. Entah apa yg terjadi saat itu, melihat wujud vampir Katherine dan sorot matanya yang merasa dikhianati, Stefan seakan2 lupa akan cintanya pada Katherine. Stefan mencari Sheriff Forbes dan Mayor Lockwood untuk menangkap Katherine. sekembalinya ke rumah Stefan melihat Damon bertengkar dengan Giuseppe, meminta Giuseppe untuk membiarkan ia dan Katherine pergi dan berjanji takkan kembali ke Mystic Falls. Merasa bersalah telah mengkhianati Katherine dan melihat Damon membelanya membuat Stefan berusaha menyelamatkan Katherine. Di saat2 terakhir, Stefan dan Damon malah tertembak dan mati.

Stefan terbangun di sebuah gubuk esok harinya, ditangannya ada cincin berwarna Lapis Lazuli serupa dengan kalung yg dikenakan Katherine. Kalung yg membuat Katherine bisa berjalan dibawah sinar matahari. Emily Bennet mengatakan, cincin itu sengaja dibuat Katherine untuk Stefan dan Damon. Katherine memang ingin mereka jadi vampir, tapi pada akhirnya itu tergantung pada pilihan masing2. seseorang yg hidup kembali karena darah vampir takkan jadi vampir sampai dia minum darah manusia. pilihannya adalah jadi vampir atau mati.

sementara Damon berkabung, menyelimuti dirinya dengan perasaan kehilangan karena Katherine mati dibakar di gereja bersama vampir lain oleh The Council, Stefan mencari Giuseppe. terkejut dengan kenyataan bahwa Giuseppe lah yg menembak mati dirinya dan Damon, Stefan jadi kesal dan tanpa sengaja membunuh Giuseppe. Darah Giuseppe-lah yg menyempurnakan transformasi Stefan menjadi vampir.

Singkat cerita, Stefan memaksa Damon meminum darah. instink vampir membuat Damon tak bisa menolaknya dan sejak saat itu Damon pun benar2 jadi vampir. kesal karena Stefan membuat dirinya jadi vampir, kesal karena Stefan mengkhianati Katherine, kesal karena dirinya (Damon) telah merelakan Katherine membagi cintanya dengan Stefan, Damon berjanji pada Stefan, bahwa ia akan membuat hidup Stefan menderita selamanya.

Killing Spree yg dilakukan Stefan serta diketahuinya keberadaan mereka karena kompas vampir yg dibuat Jonathan Gilbert, Stefan dan Damon jadi buruan warga Mystic Fall. Dengan terpaksa, Salvatore Brothers pun meninggalkan Mystic Falls kemudian terdampar di New Orleans.

02. Bloodlust
New Orleans terkenal dengan sirkus dan pertunjukkan aneh-nya. Kota dimana segala macam hal diperjualbelikan, orang2 dari mana saja datang untuk mengadu nasib. Kota yg selalu ramai dengan pelabuhannya yg tak pernah sepi.

Pertengkaran dengan Damon semakin sering. Damon menolak untuk minum darah, karena ia menganggap, “there is no life without Katherine”. sampai akhirnya Damon pergi meninggalkan Stefan. Stefan yg baru seminggu jadi vampir tertangkap oleh vampir2 lain yang dipimpin oleh Lexi. Vampir wanita yg terpaksa jadi vampir agar dapat terus menemani adiknya, sampai akhirnya Lexi diburu dan terpisah dari adiknya.

Dengan Lexi, Stefan belajar jadi vampir yg lebih beradab. Ia tidak lagi menggunakan paham “hunt, prey, kill”. Lexi mengajarkan bagaimana mengelola Power (istilah u/kekuatan yg dimiliki vampir), bagaimana meng-compell manusia tanpa terlihat bahwa manusia itu sedang di compell. Dengan Lexi pula Stefan belajar untuk minum darah hewan, darah hewan membuat vampir tidak dikuasai oleh “bloodlust” (hasrat untuk mencari darah).

Saat Stefan sedang belajar berburu hewan, ia melihat sebuah poster pertunjukan. yg menyebutkan akan ada pertarungan antara vampir dan hewan buas. poster itu adalah poster bergambar Damon. Keadaan lemah Damon karena dia tidak ingin minum darah membuatnya tertangkap oleh seorang pemilik sirkus dan dijadikan pertunjukan. Stefan-pun berusaha membebaskan Damon. karena meski bagaimanapun Damon adalah satu-satunya keluarga yg dimiliki Stefan.

Usaha menyelamatkan Damon mengantarkan Stefan pada seorang gadis bernama Callie, anak pemilik sirkus. Stefan menggunakan Callie untuk membebaskan Damon. Bekerja bersama Callie di sirkus membuat hubungannya dengan Stefan semakin akrab. Stefan-pun jatuh cinta pada Callie, begitupun Callie. Callie tahu Stefan vampir, tapi Callie juga tahu Stefan tidak seperti vampir lain, Stefan masih punya Hati.

Stefan merasa tertipu ketika akhirnya Callie malah ikut menangkap Stefan dan dijadikan pertunjukkan untuk melawan Damon. Selama dalam kurungan sirkus Stefan dan Damon terus bertengkar, Stefan meminta Damon untuk minum darah agar mereka bisa kabur dari tempat sirkus tapi Damon terus menyudutkan Stefan atas kebodohannya mencintai Callie yg ternyata menipunya, menyalahkan Stefan yang membiarkan Katherine tertangkap.Saat pertandingan, tenda sirkus terbakar. lalu tiba2 Callie datang melepaskan Stefan dan Damon dari kurungan sirkus. Stefan dan Damon segera melarikan diri menuju tempat Lexi.

Esok malam, Stefan terbangun dan melihat Callie di dekat rumah Lexi. Stefan menemuinya. Callie meminta maaf karena membuat Stefan ikut terkurung. Callie mengatakan bahwa ia berhenti dari sirkus dan akan pergi dari New Orleans. Ia ingin Stefan ikut bersamanya, tapi Callie tak ingin memaksa jika Stefan tak ingin ikut. Belum sempat Stefan memberikan jawaban, Damon datang membunuh Callie di depan mata Stefan. Damon jadi lebih kuat karena dia baru saja minum darah manusia, sementara Stefan hanya minum darah hewan.

Apa yg dilakukan Damon adalah statement, bahwa Damon tidak akan berhenti membuat Stefan menderita karena kehidupan baru yg di alami Damon sekarang adalah penderitaan, tanpa Katherine. Dengan kematian Callie, Damon membalas dendam rasa sakit hatinya atas kematian Katherine dan dengan membiarkan Stefan hidup, Damon ingin Stefan merasakan bagaimana rasanya kehilangan orang yang dicintai. Kematian Callie tidak membuat Damon puas, Damon takkan berhenti membuat Stefan merasa kehilangan, membuat Stefan menderita.

Stefan Diaries English Novel

  1. Origins
  2. Bloodlust
  3. Craving
  4. Ripper
  5. Asylum
  6. Compelled


Click here to Craving Novel

The Vampire Diaries Novel >>>

TVD Series Season 1 >>>

TVD Series Season 2 >>>

TVD Series Soundtrack >>>

Blogged with the Flock Browser

8 thoughts on “Stefan’s Diaries

  1. Waw… Thx bangetya untuk novelnya…
    Nggak nyangka bakalan dapet novelnya the vampire diaries.. selama ini cuman bisa liat filmya doank.. haha… asik2..
    Tapi untuk yang stevan diaries vol.2 bloodlust koq kagak bisa didownload ya??

    Like

  2. yey dapet novelnya..πŸ™‚
    aku baca semuanya, dari cerita yang urutan novel the vampire diaries. hingga yang ini.
    aku penggemar elena- stefan. kayaknya lebih seru novelnya dari film seriesnya..
    karena engga buat stefan terlihat sakit hati atupun terpuruk…

    ini lebih baik.
    dari pada lihat film seriesnya yang membuat stefan menderita dan sakit hati..
    itu menurutku ya..
    tapi thanks novelnya..πŸ™‚ menarik banget ceritanya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s