Novel Review

The Sword of Truth

Novel seri ini merupakan karya dari Terry Goodkind asal Amerika yang jadi best seller. Total seri sword of truth sejauh ini (agustus 2010) ada 11 buku ditambah 1 prequel-nya jadi ada 12 buku.  Novel inipun diangkat jadi TV series berjudul Legend of The Seeker yang di tayangkan di stasiun TV ABC hingga akhir mei 2010 sebanyak 2 season saja.  Di sutradarai oleh Sam Raimi yang terkenal dengan TV series Hercules dan Xena the Warrior Princess.

Ceritanya bertema medieval, dengan genre fantasy. Maka dari itu akan sarat dengan makhluk2 aneh, magic dan para wizard. Secara keseluruhan novel ini merupakan perjalanan hidup Richard Cypher a.k.a The Seeker menyelamatkan dunia yang terbagi menjadi 3 wilayah, Midlands, Westland, D’Hara. 3 wilayah tersebut disebut dengan the new world sementara ada wilayah lain yang disebut dengan the old world. Bagi saya, cerita sword of truth bertema sama dengan the lord of the rings. Bukan maksud menyejajarkan Terry Goodkind dengan J.R.R Tolkien tapi memang keduanya memiliki fantasy luar biasa. Meski tetap saja secara pribadi saya lebih menghormati karya-karya Tolkien hehehe.

  1. Debt of bones

Debt of bones mengisahkan bagaimana dunia terbagi menjadi 3 wilayah, D’Hara, Midlands dan Westland oleh the great wizard Zeddicus zul Zorander the wizard of the first order. Pemisahan wilayah ini menggunakan additive magic dan sedikit subtractive magic, dimana barrier yg memisahkan 3 wilayah dunia ini merupakan bagian dari the underworld alias dunia org mati. Jadi siapa saja yg mencoba menembus barrier/travel dari satu wilayah ke wilayah lain akan mati.

Debt of bones adalah berarti hutang seorang wizard kepada seseorang. Hutang ini diwariskan sampai bisa dibayar/ditagih dan dibayar lunas oleh si wizard. Adalah Abby yang dihutangi oleh Zeddicus (Zedd) dan dia mencoba menagih pada Zedd.  Abby meminta Zedd untuk menyelamatkan desa-nya yang diserang oleh pasukan Panis Rahl the king of D’Hara (saat itu barrier blm ada).

Panis Rahl selain raja juga seorang wizard dengan substractive magic (or u may know it as black magic), dia berambisi untuk menguasai dunia. Pertempuran antara D’Hara dan Midlands sudah berlangsung lama, Zedd sebagai wizard of the first order (paling jago) terpaksa turun tangan karena istrinya dibunuh oleh pasukan quad yg dikirim Panis. Perang berakhir ketika akhirnya Zedd berhasil mendirikan barrier dan memenjarakan Panis Rahl di wilayahnya sendiri D’hara.

Perang magic ini berdampak pada orang2 midlands yang jadi takut dan membenci magic, merek menginginkan dunia tanpa magic. Jadilah Zedd memerintahakan orang-orang ini untuk bertempat tinggal di ujung barat midlands dan dibuat barrier seperti barrier yg memisahakan midlands dengan D’hara. Wilayah tanpa magic tersebut kemudian dikenal dengan nama Westland.

Debt of bones merupakan novel prekuel, yang sebetulnya tidak terlalu berkaitan dengan swords of truth, tapi buat pembaca ada baiknya membaca debt of bones dulu sebelum masuk ke wizard first rule. Kenapa? Banyak hal-hal tentang midlands, magic dan orang2 ajaib di series sword of truth yg di berikan gambaran karakter/job desk dkk di debt of bones. Jadinya ketika baca sword of truth pembaca ga akan terlalu buta dengan istilah magic atau orang2 ajaib yang ada.  Kaya apa sih confessor itu, apa itu quad, apaan sih mord sith, bedanya sorcerers sama wizard itu apa, wizard web apa, Aydindril tuh kota seperti apa sih kok penting banget, dan yang lain deh. Reading debt of bones help answering those questions, trust me.

download Debt of Bones uploaded by me (disini)

SWORD OF TRUTH SERIES

Sebelum masuk novel pertama, saia ingin memberi gambaran umum dan poin2 penting yang akan di ceritakan dalam sword of truth series. Pada dasarnya sword of truth menceritakan quest dari seorang Seeker dan para pendampingnya. Kita mulai dengan apa itu sword of truth?

Sword of truth adalah pedang yang belong to the seeker sampai si seeker itu mati. Sword of truth merupakan pedang yang punya magic, dia menggunakan rage (amarah) dari seeker (owner n user pedang) dan merubahnya menjadi kekuatan luar biasa, bisa motong segala macem. Ketika dalam puncak rage seeker, sword of truth akan berwarna merah..tapi pedang ini juga bisa berwarna putih, cuma jarang bisa bikin sword of truth bisa warna putih. Pedang ini berwarna putih ketika seeker menggunakan compassion instead of rage for killing other. Its like killing the person u really love because u have to.

Who is the seeker?

Seeker adalah seorang yang punya curiousity tinggi sehingga dia akan mencari jawaban dan kebenaran (truth) atas rasa penasarannya. Makanya dia disebut seeker (pencari) dan pedangnya namanya sword of truth a.k.a pedang kebenaran. Dalam perjalanannya (quest) menegakkan kebenaran seeker akan ditemani oleh seorang Confessor dan juga Wizard of the first order. Wizard first order inilah yang mengangkat seseorang menjadi Seeker. Sword of truth sendiri akan dipegang wizard sampai dia menemukan Seeker yg tepat. Intinya sih ga sembarangan orang bisa jadi Seeker.

What is House of Rahl?

Orang2 D’Hara (disebut juga dengan D’Harans) berada dibawah naungan House of Rahl. The People Palace’s adalah castle miliki keluarga Rahl. Rahl sendiri semacam marga, keluarga Rahl merupakan keluarga powerful wizard yg punya rare gift karena mereka menguasai substractive magic. Panis Rahl adalah ayah dari Darken Rahl, keduanya berambisi menguasai dunia apapun caranya.

  1. Wizard’s first rule

Richard Cypher seorang woods guide (pecinta alam lah ya kl sekarang), masih berduka atas kematian ayahnya George Cypher, ibunya meninggal ketika dia masih anak2. Richard dan kakaknya Michael berusaha mencari tahu siapa pembunuh ayahnya. Mereka menggunakan cara yang berbeda, Richard memilih berkelana sementara Michael menjadi counselor di Hartland.

Hartland ini merupakan salah satu kota kecil di Westland.

Suatu hari saat berkelana di hutan, Richard melihat seorang perempuan dikejar 4 orang pria bersenjata. Perempuan itu adalah Kahlan Amnell dari Midlands. Kahlan ke Westland mencari seorang wizard, wizard yang tak seorang pun di Midlands tahu siapa namanya. Akhirnya Richard membantu Kahlan dan mengajak Kahlan menemui Zedd. Zedd bagi orang2 di Hartland adalah “orang pintar” yang tahu banyak hal.

Singkat cerita akhirnya diketahui bahwa wizard yang dicari Kahlan adalah Zedd, Zeddicus zul Zorander lengkapnya. Kahlan mengetahuinya karena Kahlan adalah seorang confessor, nobody could lie to a confessor, she has a gift to know when people lies. Kahlan mencari Zedd karena barrier antara D’Hara dan Midlands sudah hilang, dan Darken Rahl anak dari Panis Rahl sudah menyerang Midlands. Kahlan meminta Zedd untuk menunjuk seorang Seeker of truth, kesatria yg konon katanya bisa mengalahkan Darken Rahl. Jadilah Richard seorang Seeker.

Dibantu oleh Chase pemimpin penjaga barrier di Westland dan Adie seorang sorcerer buta, Zedd, Richard dan Kahlan berusaha menyebrang dari Westland ke Midlands. Zedd terluka dan terpaksa tinggal bersama Adie beberapa lama, sementara Richard dan Kahlan meneruskan perjalanan menuju Midlands menembus barrier.

Box of Orden, 3 Box sakti yg dibutuhkan Darken Rahl untuk bisa menguasai dunia. Box ini mengandung substractive sekaligus Additive magic. Untuk dapat meraih kekuatan/magic yg benar agar dapat menguasai dunia, box of orden harus dibuka bersamaan, jika tidak maka si pembuka punya deadline untuk menemukan box yg lain atau mati. Darken Rahl sudah memiliki 2 box dan hanya punya waktu 3 bulan untuk menemukan yg lain.

Dengan bantuan dari Mud People, Richard dan Kahlan mendapat clue bahwa untuk menemukan box ke-3 ia harus menemui Shota seorang sorcerer. Dari situ di ketahui bahwa box ke 3 ada di kota Tamarang, sayang ketika sampai di Tamarang box-nya sudah hilang. Wizard of second order bernama Giller, yang diketahui Kahlan sudah berkhianat berhasil menyembunyikan Box tersebut. Dalam pencariannya Richard tertangkap oleh Mordsith (bodyguard Rahl) bernama Denna. Richard diminta oleh Rahl untuk membunyikan isi the book of counted shadow yang dia hafal atas perintah George Cypher semasa dia kecil guna membuka box of orden.  In the end, Darken Rahl berhasil mendapatkan box of orden ke 3 dan membukanya tapi kemudian Richard berhasil membunuh Darken Rahl. Saat itu diketahui bahwa Darken Rahl adalah ayah Richard dan ibunya adalah anak perempuan Zedd yg digagahi Darken Rahl. It makes Zedd is Richards’ grandfather and George Cypher ayah tiri Richard. It makes Richard and Michael actually step-brother, Michael knows that but Richard don’t.

Cinta Richard dan Kahlan adalah Love at first sight, Richard tidak pernah melihat perempuan dgn rambut indah dan sepanjang yg dimiliki Kahlan. Rambut panjang adalah simbol kekuasaan, since Kahlan adalah Mother Confessor jadi dia punya rambut paling oke. Lain dengan Richard, Kahlan terkejut saat Richard menjulurkan tangan untuk membantu Kahlan berdiri setelah mereka berhasil mengalahkan Quad yg mengejar Kahlan dari Midlands ke Westland. No body touch a Confessor, semua orang di Midlands takut sama Confessor. Siapapun yg disentuh confessor bisa terkena magic-nya. Intinya sih there’s something about gift of Confessor yg ga bisa bikin Kahlan menjadikan Richard sebagai…you know who. Ketika Confessor in love, mereka bisa melepaskan kekuatannya tanpa mereka sadari. Confessor takes a mate to born another confessor (it’s a must), but they don’t do it to the person they love because their touch change’s them. Konflik ini mewarnai hubungan kahlan dan Richard sepanjang cerita.

overall emg ceritanya tuh panjang banget, di atas 500 halaman pd. bikin ilfil sih cuma saia juga bacanya butuh berminggu-minggu buat selesai. intinya sih take ur time jgn maksa pengen cepet beres kaya baca novel bisa. enjoy! kl saia rate dapet 8/10 deh bwt wizard first rule.

Sword Of Truth English Novel

  1. Debt of Bones (prequel)
  2. Wizard’s First Rule
  3. Stone of Tears
  4. Blood of The Fold
  5. Temple of The Wind
  6. Soul of The Fire
  7. Faith of The Fallen
  8. The Pillars of Creation
  9. Naked Empire
  10. Chainfire
  11. Phantom
  12. Confessor

 

2 thoughts on “The Sword of Truth

  1. Wow,keren gan reviewnya, apalagi bwt orang yg malas membaca seperti saya
    tapi sayang nih kok nggak dilanjutin reviewnya ampe kelar? gan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s