Inez's Diary

hmmhh old school

Ada masa ketika gw bener-bener seneng di sekolah, bukan karena punya temen2 yang gila, pacar, gebetan, pensi atau sejenisnya, tepi gw bener-bener seneng belajar di sekolah. Itu satu-satunya masa yang ga pernah gw rasakan lagi sejak ummm…1996 waktu masih SD.

gw ada di satu kelas yang isinya katanya anak2 pinter, we’ve been tested and selected bahkan ada ujian bahasa inggris yg sama sekali blum pernah gw pelajari except of course yg gw tau dari film dan buku2 pelajaran kakak2 gw (i was so diligent back then). yah, masuk jam 7 pagi trus pulang jam 2 siang. untuk beberapa waktu sih capek kerasanya dan stressed out karna competition di kelas ruar biasa. gw yg dulu rengking 1 cuma bisa rengking 10 disitu hahaha. 3 tahun bersama (dari kelas 4-6 SD), the moment are so full with joy and tears.

aaanyway, the point is…ga ada suasana kayak waktu itu. temen2nya, dan especially guru-guru yg ngajarnya. bisa dikatakan anak kelas itu mayoritas hiperakitif, lari2 di kelas, teriak2 tapiii itu kalo lagi ga ada guru. ada juga yg menderita mutism, anak perempuan pendiem yg selalu dibekelin sayur sama ortunya, jarang main, dan suka tiba2 nangis (2 bulan pertama 1 kelas bareng).  somehow, ntah bagaimana caranya para guru tercinta itu bisa menjinakkan kami2. we’re so in to art, especially music. kami diajarin main angklung, gamelan dan banyaaaaakkkkk banget lagu2 daerah yg gw yakin anak sekarang pada ga tau. bukan yambo rambe yamko, suwe ora jamu tapi ke bareh solok (cmiiw bwt org padang), trus lagu2 nasionalis karya-nya ismail marzuki dll.

waktu belajar yg lebih panjang dari anak2 lain (normal SD kan pulang jam 12, gw jam 2 gitu loh) ga bikin kami jenuh. selalu ada trik dari bapak dan ibu guru yg bikin kita semangat. ga jarang para guru juga kelawahan dgn kami yg kaga ada matinya. pada akhirnya justru kami malah ga mau pulang, ga jarang jam 4 sore  kelas baru bubar.

beneran deh, from what i see kami bukan anak2 pinter pendiem yg betah duduk manis dan memperhatikan. kami cerewet yg mostly bikin guru kesel denger suara cempreng kami terus2an. but somehow (again) para guru itu bisa bikin kita fokus, by make us doing simple science experiment, maen cerdas cermat, banyak deh.

sekolah gw sekolah SD biasa, bukan sekolah alam, bukan juga inklusi, apa lagi sekolah khusus yg pake duit gde fasilitas oke. kami sekolah seadanya, bahkan beberapa kali pindah (catat : we bring our own thing). yah tapi kalo dibanding sekolah lain sih bisa dibilang kami lebih variatif.

kami ini kelas percobaan yg menurut saya percobaan yg berhasil. setelah 8 tahunan dari lulus SD, ada rekan yg jadi dokter, scientist, disc jockey, polisi, tentara, psikolog (itu gw…masih calon hehehe), we become something from nothing, we become exist and belong to someplace. thanks to the teachers…

in the end, gw pengen menciptakan suasana belajar atau bikin anak2 sekolah ngerasain apa yg gw rasain. betah belajar di sekolah. where school is where i want to go each day, not where i have to go. when learning is not a burden, but its a game we play. school is gotta be fun

mungkin ini bisa jadi perenungan buat semua, buat kita, buat para pendidik, dan orang2 yg berwenang serta berkecimpung di dunia pendidikan. guru itu pengabdian, from what i see, guru2 gw itu pun bergerak dari nothing to something, pada dapet penghargaan dari diknas, jadi kepala sekolah and so on. rasanya perbandingannya lurus, good teacher – good student.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s