Novel Review

The vampire diaries, The Return : Shadow Souls

cover novel

Shadow soul merupakan seri ke 6 dari novel the vampire diaries buah karya Lisa Jane Smith yang terbit bulan maret lalu di amerika. Setelah saya baca (versi ebook dari gigapedia.com) saya berkesimpulan kalau the return ini memang pengembangan L.J Smith untuk karakter Damon. Saya pun jadi berpikir kalau karakter utama the vampire diaries bukanlah Elena dan Stefan tapi Elena dan Damon. Sejak beragam twist yang terjadi dari Dark Reunion karakter Stefan bisa dibilang sama sekali tidak berkembang, sedangkan Damon yang misterius mulai di kupas terutama pada seri The Return. Inilah yang membuat penasaran, hampir 90% cerita shadow soul adalah mengenai Elena dan Damon, yang sepertinya mencoba mengarahkan pembaca untuk “menerima” Damon dan membuatnya bisa sejajar dengan Stefan sebagai pendamping Elena.

Sepanjang kisah vampire diaries Elena selalu mengatakan dia hanya cinta Stefan tapi apa yg terjadi di Shadow Souls justru membuat pembaca berpikir 2 kali untuk setuju. Ada satu perkataan Elena yg bikin shock terutama buat penggemar Elana-Stefan. Elena bilang, “I’m here to collect my beloved Damon, and Stefan is just helping me.” Pamor Stefan menurun drastis karena porsi ceritanya yang sangat sedikit dan gambaran betapa Stefan useless and vulnerable dibanding Damon yg seperti the knight behind black armor. Jadi apakah memang sebenarnya Elena belong to Damon dgn perjuangan mereka yg selalu denial untuk bisa bersama, atau Elena dan Stefan yang berusaha bertahan untuk terus bersama ditengah segala cobaan? It could be any of that, dan buat saya dua-duanya akan jadi cerita cinta yg bagus.

Baiklah, cerita Shadow Soul berawal dgn sedikit flash back tentang tragedi kitsune di Fells Church, alasan dasar mengapa Elena, Damon dan Matt berada dalam perjalanan menyelamatkan Stefan menuju Demon’s Gate untuk bisa ke The Other Dimension dimana Stefan berada. Untuk bisa menyelematkan Stefan yang dipenjara oleh kitsune disuatu tempat di Other Dimension, Elena membutuhkan kunci a.k.a fox key, yakni kunci kembar yang disembunyikan oleh Misao dan Shinichi (si kitsune kembar) somewhere di Other Dimension dengan clue yg sudah diberikan pada Elena. Jelasnya dimana tempat Stefan berada tak ada yang tahu, kecuali para kitsune. Dengan suatu perjanjian, para kitsune memberi tahu letak dimana Stefan berada (bukan fox key berada) pada Damon dgn syarat kitsune memiliki akses ke memory (ingatan) Damon. Karena itu kejadian split personality Damon di Nightfall terulang beberapa kali.

Dari awal cerita hingga akhir Elena terus bersama Damon, Matt yang awalnya ikut memilih untuk pulang ke Fells Church dan meminta Meredith serta Bonnie untuk menemani Elena. Selama di Fells Chruch, Matt tinggal bersama Mrs.Flower di Boardinghouse. Selama kebersamaan bersama Damon, banyak hal-hal yang terjadi. Elena sepertinya semakin “kuat” perasaannya dengan Damon, terutama setelah Elena membiarkan (dgn rela) Damon menghisap darahnya. Salah satu momen tersebutlah yang akhirnya membuat Matt memilih meninggalkan Elena dan kembali ke Fells Chruch.

Demon’s Gate atau gerbang setan, ini lebih ke tempat seperti terminal menuju the other side. Other side ini bukan alam baka tempat orang mati, berdasarkan buku ini, other side merupakan tempat antara alam baka dan neraka itu sendiri. Siapa saja bisa masuk melalui Demon’s Gate tapi manusia berada di strata paling bawah sebagai budak (slave) dari para vampire, kitsune atau makhluk supranatural lain (jgn mikir ada tuyul pa kuntilanak hehehe). Jadilah Elena, Meredith dan Bonnie sebagai budak Damon di other side. Berdasarkan Clue yg diberikan Misao, fox key berada di tempat org ningrat other side. Satu-satunya cara untuk bisa kesana ya dengan diundang sebagai tamu pas lagi pesta.

Dengan beragam intrik yg sangat ajaib berasa negeri dongeng, akhirnya 4 jagoan kita bisa masuk dan mendapatkan fox key. Berkat bantuan Sage temen Damon yg termasuk The Old One, juga seorang budak yg diselamatkan Elena yg ternyata adalah org tajir mampus akhirnya Stefan bisa dikeluarkan dari penjara dan semua jagoan kita kembali ke Fells Church termasuk Sage.

Saat kedatangan di Fells Church tepatnya di halaman Boardinghouse, Shinichi menampakkan diri dalam bentuk bayangan dan mengancam juga menakut2-nakut ini itu. Saat pencarian fox key terakhir, Sage berhasil mencuri banyak snow globe/star ball milik kitsune dan dibawa ke Fells Church. Misao yg mencoba menarik Bonnie kembali ke the other side melalui portal yg belum tertutup ramai-ramai diserang. Shinichi yg tak mau kalah mencoba menawan Stefan sampai akhirnya Elena meminta Shinichi melepas Stefan dan Bonnie sebagai penukar agar Misao tidak dibunuh. Stefan dan Bonnie selamat dengan Misao yg juga selamat. Shinichi menghilang, tapi masih berada di Fells Church.

Esok harinya Damon iseng membuka hadiah kitsune teman sepenjara Stefan, yang berujung Damon jadi sesak dan harus bernapas (vampire tidak bernapas kecuali kl lagi ngomong dan pake Power). Ternyata Damon jadi manusia. Kitsune itu memberi hadiah berupa mawar yg bisa merubah Stefan jadi manusia, setelah ia mendengar cerita Stefan yg bisa berakhir di penjara other side, yaitu karena keinginannya untuk jadi manusia seperti Elena.

So, akhir cerita adalah dengan Damon jadi manusia biasa apa yg akan terjadi dengan Love Triangle antara Stefan-Elena-Damon, apa yg terjadi dengan Fells Church dengan Misao dan Shinichi yg makin menjadi. Siapa juga Sage? Apa rahasia Meredith? Pertanyaan ini mudah2an terjawab di novel berikutnya The Return : Midnight

Vampire Diaries English Novel

The Return : Shadow Souls

The Awakening, Struggle, Fury and Dark Reunion >>>>

The Return : Nightfall >>>>

TV Series Season 2 + Subtitle >>>>

TV Series Soundtrack  >>>>

The Return : Midnight (end) >>>>

18 thoughts on “The vampire diaries, The Return : Shadow Souls

  1. Wuiihhh! Keren bangeeett buuu!!!!
    Itu semakin memperkuat bahwa Elena dan Damon. . . . bukan Stefan…?!
    Ouuccttcchh!! Aku tidak terima….?!😦

    Like

  2. Owh..ow..ternyata jauh dari bayangan gw tentang alur cerita The Vampire Diaries…
    Keren, tapi unexpected aja..
    Elena&Damon? euuu….
    Kira2 serial’a bakal sama ga ya??
    Btw thanks review’a…KEREN! ^^

    Like

      1. yang pasti beredar sih 7…cumaa katanya mu nambah lagi dari LJ.Smith-nya
        udah gt…Stefan’s Diary juga udah launch, novel joinan LJ.Smith sm writernya TVD series..

        hehehe…sama kita, pendukung stefan-elena :yahoo:
        wahwah…kekny emg damon ama elena bakalan deket lg deh d tv seriesnya…secara elena udah putus ama stefan huhuuuu…

        Like

  3. sumpah deh, ceritanya seru banget, bikin penasaran terus-terusan.
    bagus banget reviewnya, thanks a lot.
    haah… gue lebih setuju elana sama stefan.

    Like

  4. knpa ga ada yg bisa ddownload yaa??
    bru nyelesaiin sampe the fury ajja niih..
    hhuhuhuhuhu T.T
    aku penasaran😀
    ada alternative laen buat download the dark reunion,, the return nightfall sma shadows soulnya gaa??

    Like

  5. barusan saia cek bisa aja sis, udah ga di private lagi kok file-nya. ga bisa d donlot apa ga bisa ngedonlot=nya?

    novelnya nyisa 1 buat seri the return, gosipnya maret ini keluar. tapi ntar ada stefan’s diary

    umm..untuk yg versi bahasa indonesia kalo ga salah udah sampe fury-ya? yg saia kasih ini, novel yg versi bahasa inggris

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s