Inez's Diary

volunteer-kerja-abroad scholarship

Meski belom lulus kuliah, mau ga mau nih masalah pengen kerja udah nyampe di otak. keinginan buat mandiri dan ga nyusahin orang tua nampaknya makin menjadi aja seiring usia dan masa-masa kuliah bakal berakhir.

saya selalu punya mimpi buat bisa sekolah di luar negeri. berawal dari telepon salah satu tempat kursus paling ok yang menawarkan program home stay mereka waktu saya mmm…sekitar kelas 2 sma. ntah apa alasan orang tua saat itu sampe tidak mengijinkan saya buat pergi. beberapa tahun kemudian baru, ternyata mereka tak siap melepaskan aku untuk terbang ke negeri orang. padahal program home stay paling lama juga 1 semester.

Mimpi itu ga pernah saya buang, mulai saat itu saya selalu mencari info tentang kuliah dan beasiswa supaya bisa belajar di luar negeri. menjadi info mulai dari ADS (australia), DAAD (jerman), trus NUFFIC/NESO (belanda) dan lain-lain.  dari sekian banyak program beasiswa yang ditawarkan ada 1 hal yang menjadi garis merah, mereka selalu menanyakan “apa yang akan kamu lakukan dengan ilmu kamu ketika kembali ke institusi/negeri kamu”

yahh.. ada banyak hal yang bisa saya lakukan..saya sadari jika saya berdiri sendiri, kemampuan akan sangat terbatas. maka dari itu saya mencoba mencari pekerjaan yang tidak terlalu mengikat dalam jangka waktu lama. sekalian nabung dan cari pengalaman buat bisa melanjutkan studi. pemikiran ini mengantarkan saya pada dunia volunteer alias relawan. terpikirkan untuk join karena saya pernah jadi ya… relawan boongan pas ada gempa di jawa barat.

so… ini misi hidup saya : helping others dengan basic ilmu psikologi yang saya punya. ga mau sia-sia udah kuliah lama dan susah terus g di manfaatkan ilmunya.

klik disini buat job-job dari UNDP

2 thoughts on “volunteer-kerja-abroad scholarship

Leave a Reply

